LAPORAN UKBM
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
MATA KULIAH UPAYA KESEHATAN BERBASIS MASYARAKAT II
DESA KEBONHARJO
FILDZAH ADANI
P1337425217041
SEMESTER 7
PRODI DIV KEPERAWATAN GIGI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN SEMARANG
2020
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan kegiatan UKBM ini merupakan bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat di Desa Kebonharjo RT 4 RW 2, Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal yang dilaksanakan pada tanggal 28 September sampai dengan 6 November 2020.
Pelaksana Kegiatan :
Nama : Fildzah Adani
NIM : P1337425217041
Kendal, 02 November 2020
Mengetahui,
Ketua Program Studi DIV Keperawatan Gigi
Salikun, S.Pd, M.Kes NIP. 196204061988031002 |
|
Dosen Pembimbing,
Salikun, S.Pd, M.Kes NIP. 196204061988031002 |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) adalah program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kelompok rentan seperti balita, batita, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia, untuk mempermudah penilaian maka kami menyusun cara menentukan strata UKBM, yang nanti dapat digunakan oleh petugas kesehatan ataupun kader kesehatan dalam menentukan strata UKBM. UKBM merupakan salah satu upaya yang dikembangkan oleh Departemen Kesehatan, yang mempunyai tujuan untuk memotivasi masyarakat agar mau dan mampu untuk hidup sehat secara mandiri.
Pada saat ini telah terbentuk berbagai macam bentuk UKBM yang berkembang di masyarakat salah satunya yang paling dikenal adalah Posyandu. Adapun bentuk UKBM yang lainnya seperti Poskesdes, Polindes, Pos UKK, Poskestren, TOGA, Saka Bhakti Husada, dan lain-lain.
Berdasarkan hasil Riskesdas pada tahun 2018, permasalahan gigi dan mulut di Indonesia mencatat proporsi masalah gigi dan mulut sebesar 57,6% dan keadaan ini meningkat dari Riskesdas 2013 sebesar 29,9% dan yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis gigi sebesar 10,2%. Adapun proporsi perilaku menyikat gigi dengan benar sebesar 2,8%. Penduduk bermasalah pada kesehatan gigi dan mulut dalam 12 bulan terakhir berdasarkan karakteristik umur 10-14 tahun adalah sebesar 25,2%, dan hanya sejumlah 7,1% dari presentase yang belum mendapatkan perawatan tenaga medis.
Dari data tersebut menunjukan kualitas status kesehatan gigi yang masih rendah, sehingga kami selaku tim Kesehatan gigi dan mulut dari Poltekkes Semarang ingin melaksanakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang diwujudkan dalam sebuah kegiatan praktik lapangan “Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut dan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat” yang sekiranya diharapkan dapat menghidupkan kembali semangat dan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat khususnya RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo, Patebon - Kendal.
B. MASALAH
1. Data Masalah
a) OHI-S
b) Karies
c) Karang gigi
2. Identifikasi Masalah
a.) 70% balita (anak pra sekolah) sampai orang tua di dapatkan derajat kebersihan gigi dan mulut yang kurang maksimal. Selain itu, juga mengalami karies dan terdapat pula karang gigi.
b.) Masih rendahnya pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut
c.) Hal ini disebabkan karena belum terbentuknya Kader kesehatan gigi di Posyandu.
3. Prioritas Masalah
Berdasarkan data, maka didapat prioritas masalah sebagai berikut :
Tabel penentuan prioritas masalah
(Metode USG)
Masalah |
U |
S |
G |
Total |
Prioritas |
OHI-S |
4 |
4 |
4 |
12 |
I |
Karies |
4 |
3 |
3 |
10 |
II |
Karang gigi |
4 |
3 |
2 |
9 |
III |
Keterangan :
Skor U = 0 - 5 (tidak penting – sangat penting)
Skor S = 0 - 5 (tidak serius - sangat serius)
Skor G = 0 - 5 (tidak berdampak – sangat berdampak)
C. TUJUAN
a. Tujuan umum
Meningkatkan pengetahuan, minat dan peran serta masyarakat di bidang kesehatan gigi dan mulut. Sehingga dapat tercapai perilaku hidup sehat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya di wilayah RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo, Patebon - Kendal.
b. Tujuan khusus
- Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi secara umum.
- Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang jenis-jenis penyakit gigi dan mulut.
- Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang cara-cara pencegahan penyakit gigi dan mulut.
- Meningkatkan kemampuan masyarakat tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar.
D. NAMA KEGIATAN
Kegiatan yang akan kami selenggarakan yaitu “Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat”.
E. SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatannya adalah 10 KK dari RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal
F. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat ini akan di selenggarakan pada:
Tanggal Pelaksanaan Kegiatan : 28 September – 6 November 2020
Waktu Pelaksanaan Kegiatan : 08.00 WIB (Kondisional)
Tempat Pelaksanaan Kegiatan : Door to door
G. PENGORGANISASIAN
SUSUNAN PENGORGANISASIAN UKBM
RT 4 RW 2 DESA KEBONHARJO, PATEBON - KENDAL
Pelindung
Kajur Jurusan Keperawatan Gigi : Tri Wiyatini, SKM, M.Kes (Epid)
Ketua Prodi D-IV Keperawatan Gigi : Salikun, S.Pd, M.Kes
Penanggung Jawab
Ketua RT : Saeroji
Dosen Pembimbing : Salikun, S.Pd, M.Kes
Pelaksana
Pelaksana : Fildzah Adani
BAB II
KEGIATAN
A. KEGIATAN
1. Pemaparan/MMD
2. Rencana kegiatan
3. Kegiatan
a. Melakukan pre test dan Post Test kepada Masyarakat RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo dengan memberikan pertanyaan meliputi (Cara menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, Karies Gigi, dan Karang Gigi.
b. Mengajarkan Masyarakat cara menggosok gigi yang baik dan benar.
c. Membimbing masyarakat untuk mencegah penyakit yang ada di rongga mulut.
d. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut oleh mahasiswa.
e. Evaluasi hasil penyegaran materi kesehatan gigi dan mulut.
4. Monitoring
5. Evaluasi
B. METODE
1. Untuk mendapatkan data tentang penyakit gigi dan mulut menggunakan cara screening.
2. Penyuluhan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab.
3. Menyikat gigi masal menggunakan metode demonstrasi dan simulasi.
C. PROSEDUR KEGIATAN
a.) MMD
Berdasarkan hasil survey didapatkan hasil dari permasalahan yang terjadi, dari hasil analisa pendataan warga dapat disimpulkan bahwasanya kurangnya kepedulian serta pengetahuan terhadap resiko mengenai Kesehatan Gigi dan Mulut.
Untuk mendapatkan data yang lebih valid diperlukan format pengkajian komunitas yang disusun dalam bentuk kuesioner/GoogleForm yang kemudian dianalisa untuk menentukan rencana tindakan yang akan di implementasikan.
Materi : Terlampir
b.) Hasil Pendataan Warga
Situasi Hasil Pendataan Warga RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo
Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal
Dari hasil rekapitulasi pendataan warga yang sudah terisi didapatkan hasil skala prioritas :
Populasi |
Rekapitulasi Skala Prioritas |
10 KK warga RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo |
Hasil pendataan warga: 1. Kurang pemahaman tentang kesehatan gigi dan mulut. 2. Kurang pengetahuan cara pencegahan penyakit gigi dan mulut. 3. Kurangnya pengetahuan tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar. |
Rencana Kegiatan Sesuai dengan masalah :
Masalah |
Tindakan |
OHI-S |
Penyuluhan |
Karies gigi |
|
Karang gigi |
D. ANGGARAN
Nama Barang |
Jumlah |
Harga |
Total |
Print proposal kegiatan |
2 buah |
@ Rp 7.000 |
Rp 14.000 |
Print materi |
1 buah |
@Rp 13.000 |
Rp 13.000 |
Fotokopi Materi |
10 buah |
@ Rp 9.000 |
Rp 90.000 |
Biaya lain-lain |
|
|
Rp. 50.000 |
Jumlah total |
Rp 167. 000 |
E. HAMBATAN
1. Hambatan Teknis
- Kurang tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan UKBM di masyarakat.
2. Hambatan Program
- Keterbatasan waktu.
F. MATRIK KEGIATAN PELAKSANA
Hari, tanggal : Rabu & Kamis, 7 - 8 Oktober 2020
Tempat : RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo, Patebon - Kendal
No |
Waktu |
Kegiatan |
Tempat |
Penanggung jawab |
1. |
08.30-09.15 (7 okt 2020) |
Bimbingan dengan dosen pembimbing |
Via zoom |
Mahasiswa |
2. |
17.00-20.00 (8 okt 2020) |
Advokasi warga (10 kk) dan pendataan |
Door to door |
Fildzah Adani |
PELAKSANAAN
Tanggal : 11 Oktober – 6 November 2020
Tempat : RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo, Patebon - Kendal
No |
Waktu |
Kegiatan |
Tempat |
Penanggung jawab |
1. |
09.00-Selesai |
Advokasi (RT) |
Rumah Pak RT |
Fildzah Adani |
2. |
09.30-Selesai |
Penyampaian materi kesehatan gigi dan mulut pada warga tentang cara menjaga kebersihan gigi jenis-jenis penyakit gigi dan mulut (Karies, , Kalkulus) |
Rumah Warga (door to door) |
|
3. |
09.30-Selesai |
Penyampaian materi kesehatan gigi dan mulut pada warga tentang cara-cara pencegahan penyakit gigi dan mulut. |
Rumah Warga (door to door) |
|
4. |
09.30-Selesai |
Penyampaian materi kesehatan gigi dan mulut pada warga tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar dan cara pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. |
Rumah Warga (door to door) |
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Kebonharjo RT 4 RW 2 dapat berjalan dengan lancar dengan beberapa hambatan yang dapat diatasi dengan baik. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan berupa pendataan warga dan dilaksanakan penyuluhan. Hasil dari pemberdayaan masyarakat RT 4 RW 2 Desa Kebonharjo yaitu masyarakat sudah mengetahui tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut diri sendiri maupun keluarganya.
B. SARAN
Dalam suatu kegiatan penyuluhan atau pemberdayaan masyarakat perlu adanya dukungan dari berbagai pihak agar program yang dilaksanakan dan diterapkan dapat berhasil secara optimal.
C. LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar